Sunday, December 10, 2017

Mengenal Kredit Tanpa Agunan (KTA)

 Kredit Tanpa Agunan
ModalKredit.com - Di zaman sekarang ini, di saat kebutuhan semua orang selalu meningkat setiap tahunnya, ketersediaan akan dana sangat mutlak dibutuhkan. Apapun tujuannya, bila tidak memiliki dana, tentu kebutuhan itu tidak bisa terpenuhi. Hal inilah yang sering menjadi masalah, bagi orang yang sudah memiliki rumah atau mobil, mungkin itu bisa dijadikan agunan ke bank. Namun, bagaimana kalau tidak ada? Tenang saja, Kredit Tanpa Agunan (KTA) bisa dijadikan solusi atas permasalah itu. Produk ini memiliki banyak keunggulan yang sangat membantu masalah pendanaan Anda.

Ya, Kredit Tanpa Agunan. Produk ini adalah pinjaman bank yang diberikan bank kepada nasabah tanpa meminta agunan atau jaminan dari debitur. Apa saja sih keunggulan produk ini? Ini dia ulasannya.

Keunggulan Kredit Tanpa Agunan

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menggunakannya berikut adalah sedikit informasi keunggulan dari Kredit Tanpa Agunan:

1. Syarat Lebih Mudah Dibanding Kredit Multiguna

Seperti yang sudah disebutkan, Kredit Tanpa Agunan diberikan tanpa ada syarat pengajuan agunan dari calon debitur kepada kreditur. Karena itu, hal ini sangat membantu kita yang belum mempunyai aset seperti rumah atau mobil. Untuk masalah kelengkapan dokumen, bank biasanya hanya meminta fotokopi KTP, kartu keluarga, dan catatan pembayaran kartu kredit bulan terakhir, serta mengisi formulir.

Untuk mengisi formulir pun terkadang Anda tidak harus datang ke bank. Sebab beberapa bank sudah menyediakan formulir di website mereka, yang siap diunduh (download). Sangat praktis kan?

2. Masa Pencairan Cepat, Bisa Kurang Dari 3 Hari 

Salah satu keunggulan KTA adalah bisa digunakan untuk keperluan dana darurat atau kebutuhan lain yang sifatnya mendesak. Kenapa begitu? Karena bank tidak memerlukan agunan apa pun dari debitur, sehingga dana bisa cair dalam waktu 2-3 hari.

Tentu saja, hal itu bisa terjadi asalkan syarat-syarat yang dibutuhkan sudah terpenuhi. Bagi orang yang sedang membutuhkan pinjaman cepat, tentunya hal tersebut sangat membantu.

3. Hampir Tiap Bank Menawarkan Kredit Tanpa Agunan

Satu hal yang pasti, Anda tidak perlu bingung mencari produk KTA. Karena sekarang sudah ada banyak bank yang menyediakan jasa Kredit tanpa agunan. Beberapa bank bahkan sangat gencar dalam memasarkan produk ini mengingat pangsa pasarnya yang relatif tinggi. Oleh karena itu, ketika sedang butuh KTA, Anda tinggal menentukan dana pinjaman yang akan dipinjam dan bisa langsung pergi ke lembaga keuangan tersebut.

Kekurangan Kredit Tanpa Agunan

Sebagai sebuah produk, pastinya Kredit Tanpa Agunan juga memiliki sejumlah kekurangan. Sehingga dalam beberapa kondisi, dia tidak bisa digunakan secara maksimal:

1. Bunga KTA Relatif Tinggi

Salah satu kekurangan yang dimiliki Kredit Tanpa Agunan adalah bunganya yang tinggi. Salah satu penyebabnya karena produk ini tidak menyertakan jaminan sebagai salah satu syaratnya. Sehingga hal itu membuat bunga yang dibebankan menjadi tinggi. Tentunya, hal ini akan sedikit memberatkan Anda ketika dalam proses pembayaran angsuran.

2. Harus Punya Kartu Kredit Lebih Dulu

Nah ini dia yang sering membuat orang-orang gagal mendapat Kredit Tanpa Agunan. Karena salah satu syarat yang diberikan oleh bank adalah kepemiikan kartu kredit selama 1 tahun. Kalaupun tidak menggunakan kartu kredit, Anda mesti menjadi pengguna layanan payroll bank tersebut. Kebanyakan orang tidak mengetahui kekurangan ini. Meski persyaratan lainnya relatif mudah, namun hal ini mesti diingat karena sangat krusial dalam proses persetujuan.

3. Limit Kecil, Sehingga Masa Tenor Relatif Pendek

Ini dia kekurangan selanjutnya, bank umumnya hanya menawarkan produk kredit tanpa agunannya dengan limit sampai Rp 200 juta. Karena tidak sebesar limit Kredit Multiguna yang bisa disesuaikan dengan harga agunan. Pemberian limit KTA biasanya dilihat dari limit kartu kredit yang dimiliki calon debitur.

Karena limit yang kecil itu, masa tenor tersebut juga ikut dibuat pendek. Sehingga jumlah cicilan yang harus dibayar menjadi sedikit lebih besar. 

Tertarik Menggunakan KTA?

Meskipun memiliki kekurangan, tetapi Kredit Tanpa Agunan sebenarnya bisa memberi manfaat yang sangat besar. Tentunya bila digunakan dengan sebaik mungkin. Satu saran dari ModalKredit.com, coba cari produk KTA dari bank atau lembaga lain yang sudah terpercaya karena risikonya lebih kecil. Sementara meminjam uang di lembaga keuangan yang kurang kredibel bisa menghadirkan hal-hal merugikan, salah satunya penipuan. Jadi, bagaimana keputusan Anda?

0 comments: