Wednesday, November 15, 2017

Penting! 5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Apakah keuangan keluarga Anda sudah teratur dan disiplin? Jika Anda belum mengatur keuangan dengan tepat, maka akan menimbulkan masalah dalam hal keuangan tentunya.

Kas adalah hal terpenting dari manajemen keuangan yang sedang berkembang. Namun pengelolaan utang piutang yang tidak baik akan menjadi masalah besar. manajemen kas adalah solusinya. Sederhananya, manajemen kas adalah menunda atau mengurangi utang usaha di sisi lain menggenjot pemasukan yang berasal dari piutang.

Bagaimana cara melakukan mengatur cash flow? Di bawah ini adalah penjelasan detil mengenai mengatur cash flow.

1. Susunlah Biaya Operasional yang Harus Dikeluarkan

Beberapa pengeluaran yang termasuk ke dalam biaya operasional seperti biaya pajak, listrik rumah, air, transportasi, dan biaya lainnya. Pengeluaran ini harus diperhatikan dan didata karena masuk ke dalam biaya yang dapat menunjang kegiatan Anda sehari-hari.

2. Catat Sejumlah Biaya yang Harus Diprioritaskan

Biaya yang tidak bisa ditunda adalah biaya prioritas, baik itu saat Anda memiliki dana atau pun tidak, misalnya biaya sekolah anak, biaya makan sehari-hari sampai biaya asuransi kesehatan. Bila sudah dicatat, Anda bisa memasukkannya dalam cash flow bagian pengeluaran yang pasti dan penting. 

3. Pastikan Catat Data Pemasukan dengan Jelas

Saat ada pemasukan dari mana pun dan dengan nominal berapa pun tetap harus Anda catat. Hal ini dilakukan agar Anda memiliki data dari mana saja uang dan masuk dan keluar. 

4. Kenali Masalah yang Anda Hadapi

Tiap cash flow pasti ada saja masalah yang harus Anda hadapi. Sebagai orang yang bertanggung jawab penuh pada keuangan keluarga, Anda harus mengenali sumber masalahnya. Sebab dengan begitu Anda bisa lebih cepat mencari alternatifnya.

5. Biaya yang Lainnya

Setiap kali Anda melakukan pembukuan dan mengatur keuangan, ada baiknya memasukkan biaya lain-lainnya. Kenapa? Karena Anda tidak akan tahu ada kegiatan yang mengharuskan Anda mengeluarkan biaya tak terduga, seperti pernikahan saudara, kunjungan keluarga, kejadian meninggal, dan lainnya.

Berikut adalah cara mengatur cashflow yang tepat. Jangan sampai keungan Anda menjadi berantakan karena pengelolaan yang tidak tepat. Semoga bermanfaat.
Sumber Referensi:
https://finance.detik.com/perencanaan-keuangan/3543237/penting-5-cara-mengatur-keuangan-rumah-tangga  

Sumber Gambar:
https://www.finansialku.com/wp-content/uploads/2017/05/Cara-Mengatur-Keuangan-Rumah-Tangga-.jpg

0 comments: